Archive for the Category » Uncategorized «

“OBESITAS” TERNYATA TAK SELAMANYA BERBAHAYA

oleh dr. Dina Adriana, SpGK

Obesitas dikenal oleh kalangan awam sebagai “kegemukan” atau “berat badan berlebih”. Obesitas juga sering dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan seperti diabetes melitus, hiperkolesterolemia, hipertensi, stroke, bahkan kanker. Namun, apakah betul begitu? Mari kita coba uraikan perlahan-lahan definisi obesitas agar semakin paham dan kenal bahayanya.

Menurut organisasi kesehatan dunia, obesitas didefinisikan sebagai penumpukan massa lemak berlebihan pada tubuh seseorang. Manusia membutuhkan energi untuk dapat beraktivitas dan mempertahankan metabolisme normal. Energi ini utamanya didapatkan dari luar, yaitu makanan dan minuman. Setiap kali kita makan ataupun minum, maka makanan dan minuman tersebut, baik yang mengandung karbohidrat, protein, maupun lemak, kemudian akan mengalami serangkaian proses pencernaan di dalam tubuh kita. Semua jenis nutrisi makro ini akan dipecah menjadi gula sederhana (karbohidrat) yang selanjutnya akan diubah menjadi energi. Energi inilah yang kemudian digunakan oleh tubuh untuk kerja organ dan aktivitas lainnya.

Jika energi yang tersedia masih banyak sedangkan tubuh sudah tercukupi kebutuhannya, maka sisa bahan bakar ini (glukosa) akan diubah menjadi bentuk cadangannya, yaitu gula otot (glikogen otot), gula hati (glikogen hepar), dan jika masih berlebih juga maka akan diubah menjadi bentuk lain yaitu trigliserida yang disimpan dalam kantong-kantong lemak. Maka obesitas dihasilkan dari ketidakseimbangan antara energi yang masuk (dari makanan dan minuman yang dikonsumsi) dengan energi yang dikeluarkan (segala aktivitas, baik yang disadari maupun yang otomatis). Sudah tahu kan sekarang, mengapa orang obesitas dan overweight banyak menumpuk lemak di tubuhnya?

Ada cara untuk menentukan apakah seseorang masih memiliki berat badan yang ideal atau sudah berada pada kondisi berisiko kesehatan terkait obesitas, yaitu dengan melakukan pengukuran IMT (indeks massa tubuh). Lakukan pengukuran berat badan pada pagi hari saat bangun tidur dan belum makan-minum, namun sebaiknya sudah mengosongkan isi usus dan kandung kemih. IMT dihitung dengan rumus berat badan (dalam kilogram) dibagi tinggi badan dikuadratkan (dalam meter). IMT 18,5-22,9 kg/m2 dikategorikan sebagai normoweight. Jika hasil perhitungan menunjukkan 23,0-24,9 kg/m2 artinya sudah mengalami kelebihan berat badan (overweight), atau obesitas bila nilainya mencapai 25,0 kg/m2 atau bahkan lebih.

Klasifikasi Obesitas berdasarkan Kriteria WHO dan ASIA PASIFIK. Di Indonesia, kita menggunakan kriteria ASIA PASIFIK.

Apakah IMT normal artinya tidak berisiko? Belum tentu. Karena selain berat badan yang berlebih, ada yang lebih berbahaya, yaitu lingkar perut yang besar. Masalah timbul bila BB berlebih ini disebabkan oleh penumpukan massa lemak. Yang lebih berbahaya adalah tingginya massa lemak visceral, yaitu lemak yang membungkus organ-organ dalam kita, seperti jantung, hati, usus, dan lainnya. Biasanya hal ini ditandai dengan membesarnya lingkar perut. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran lingkar perut dengan cara sebagai berikut. Pertama, siapkan meteran jahit untuk alat mengukur. Orang yang akan diukur menggunakan pakaian yang tipis atau minimalis, berdiri tegak. Kemudian, ukur lingkar perut terbesar mulai dari tonjolan tulang pada panggul kanan dan memutar sampai ke tonjolan tulang panggul kiri. Jika hasilnya >80 cm pada wanita, atau >90 cm pada pria, maka sudah perlu berhati-hati dan melakukan upaya modifikasi pola hidup menjadi lebih sehat.

Sebaliknya, apakah IMT yang tinggi sudah pasti berbahaya? Jawabannya juga belum tentu. Berat badan yang tinggi, jika isinya adalah massa otot, maka hal ini baik. Kita bisa mengambil contoh ekstrim para binaragawan, yang otot tubuhnya sudah dilatih sehingga mencapai ukuran yang besar, jika dilakukan pengukuran IMT cenderung akan didapati hasil yang besar. Namun, massa otot ini justru tempat untuk melakukan pembakaran energi, karena di dalam sel-sel otot banyak terdapat organel sel bernama mitokondria yang berfungsi mengubah bahan bakar sel (glukosa) menjadi energi. Masalah dapat muncul di kemudian hari, yaitu apabila binaragawan sudah tidak melakukan latihan yang seperti biasanya, sehingga massa otot yang banyak itu lama kelamaan akan digantikan tempatnya oleh massa lemak.

Mengapa massa lemak yang berlebihan dapat menimbulkan bahaya? Pertama, dari segi anatomis, tumpukan lemak yang banyak dapat mengganggu gerakan. Pada orang gemuk, lemak banyak ditimbun di bawah kulit. Area wajah, leher, perut, lengan, paha, serta bokong biasanya menjadi tempat-tempat yang lebih banyak menimbun lemak. Timbunan lemak di daerah leher dan perut dapat menyebabkan gangguan saat bernapas dan menimbulkan gangguan kesehatan yang disebut obstructive sleep apnea (OSA). Hal ini merupakan hambatan bernapas yang dipengaruhi oleh posisi saat tidur, sehingga penderita sering terbangun dalam tidurnya. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan gangguan lainnya seperti kurang bersemangat saat beraktivitas, mudah lelah, dan menurunnya imunitas. Banyaknya lemak juga menyebabkan tubuh terasa berat dan lekas capai, sehingga cenderung mengurangi aktivitas, yang justru akan semakin menambah jumlah lemak yang disimpan karena kurangnya aktivitas.

Secara imunologi dan histokimia, sel lemak ternyata bersifat seperti sel kelenjar, yang dapat menghasilkan hormon-hormon, sekaligus mengeluarkan zat kimia penanda peradangan. Dengan menumpuknya cadangan lemak, maka tubuh seperti berada dalam kondisi peradangan ringan secara terus-menerus, sehingga akan memberikan efek ke seluruh tubuh. Dari sinilah mengapa obesitas dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mulai yang ringan sampai yang sangat serius. Asupan berlebihan dalam jangka waktu lama juga berpotensi membuat reseptor hormone insulin menjadi “lelah”, sehingga tidak sensitive lagi terhadap keberadaan gula darah yang tinggi, dan menjadikan penderita obesitas jatuh ke dalam kondisi diabetes melitus.

Oleh karena itu, jika sudah mulai mendapati kondisi pengukuran yag abnormal, baik IMT maupun LP, sangat disarankan untuk segera melakukan modifikasi perilaku dan gaya hidup. Mulailah gaya hidup yang lebih sehat dengan menjaga pola asupan seimbang, kurangi junk food, perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukup asupan air dan serat, berolahraga rutin, tidak merokok, hindari stres, banyak berdoa, serta cukup beristirahat.

SERAT : ZAT GIZI YANG SERING TERLUPAKAN

oleh dr. Dina Adriana, SpGK

Apa yang dicari saat kita mengonsumsi sayur-mayur dan aneka buah-buahan?

Vitamin?
Mineral?
Yes, itu betul. Tapi ada zat gizi lain yang tak kalah penting, yang hanya terdapat pada buah dan sayur. Apakah itu? Itu adalah SERAT PANGAN (dietary fiber).

Mungkin banyak yang belum tahu manfaat serat yang sangat banyak bagi tubuh kita, selain melancarkan buang air besar. Saya ceritakan sedikit, ya…

Serat, atau dietary fiber, pada pengelompokan zat gizi termasuk ke dalam komponen makronutrien, yaitu zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah cukup besar, tepatnya termasuk golongan karbohidrat. Berbeda dengan vitamin dan mineral yang digolongkan sebagai mikronutrien, sehingga tubuh hanya membutuhkannya dalam jumlah sedikit, kita membutuhkan serat dalam jumlah cukup banyak. Nama-nama dietary fiber yang kita kenal misalnya selulosa, hemiselulosa, lignin, pektin, inulin, juga FOS (fruktooligosakarida) dan GOS (glikooligosakarida). Selain ini masih banyak lagi jenis serat pangan lainnya.

Kita membutuhkan serat sebanyak 25-35 gram dalam sehari, yang dibagi menjadi beberapa porsi. Ini adalah kebutuhan serat secara umum pada orang dewasa. Pada anak tentu berbeda, karena ada perbedaan kapasitas saluran cerna serta kebutuhan untuk tumbuh kembang. Lain kali saya akan cerita lagi tentang ini, jika tidak ada halangan.

Serat dikelompokkan lagi menjadi beberapa jenis, tergantung bagaimana cara pengelompokannya. Berdasarkan kelarutannya, ada serat larut dan tak larut. Berdasarkan kemampuan serat tersebut untuk difermentasikan oleh bakteri baik di usus, dibagi menjadi fermentable dan non-fermentable. Dan ada berbagai cara pengelompokan serat lainnya.

Serat bersifat tidak dapat dicerna oleh saluran cerna manusia, karena saluran pencernaan manusia tidak menghasilkan enzim yang dapat mencerna serat. Oleh karena itu serat ketika masuk ke dalam saluran cerna akan mengalami nasib yang berbeda dengan zat gizi lainnya. Serat fermentable tidak dapat diserap, karena tidak dapat dicerna. Namun, bakteri baik di usus yang akan mencernanya, dan menghasilkan zat yang disebut asam lemak rantai pendek (short chain fatty acid, SCFA). SCFA inilah yang akan diserap oleh sel-sel usus dan menyumbang perannya terhadap sistem kekebalan tubuh kita.

Serat larut bersifat menyerap air, sehingga akan membentuk konsistensi seperti jel. Hal ini baik untuk saluran cerna yang sedang bermasalah (diare), karena serat akan membantu menyerap kelebihan cairan yang terjadi. Serat tak larut juga memiliki fungsi, yaitu membentuk massa (bulk builder), sehingga baik untuk melunakkan feses (kotoran) dan melancarkan buang air besar.

Bagian tubuh tanaman yang banyak mengandung serat terutama pada batang dan daun, namun hampir semua bagian tanaman mengandung serat, karena serat merupakan bahan pembentuk dinding sel tumbuhan. Tanaman dan makanan yang banyak mengandung serat dan bisa menjadi sumber serat di antaranya serealia, sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Berikut ini adalah beberapa fungsi serat dalam kehidupan manusia, yang saya kumpulkan dari berbagai jurnal ilmiah tentang serat :

  1. Melancarkan buang air besar
  2. Menyerap beberapa zat untuk kemudian dibuang ke luar tubuh (diekskresikan), misalnya garam empedu dan kolesterol
  3. Menyerap kelebihan cairan pada diare
  4. Menyediakan “makanan” bagi sel-sel usus (enterosit) melalui perantara bakteri baik dan SCFA.
  5. Meningkatkan pertahanan tubuh garda depan dengan cara menjaga kesehatan sel-sel usus dan mencegah mikroorganisme masuk.
  6. SCFA yang dihasilkan oleh bakteri baik juga memiliki efek anti-radang.
  7. Meningkatkan penyerapan zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya zat besi.
  8. Menurunkan risiko terkena kanker usus besar.
  9. Menyebabkan rasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengontrol nafsu makan berlebih dan mencegah obesitas.
  10. Memperbaiki toleransi terhadap glukosa, dan mencegah sindroma metabolik.

Dengan sedemikian banyaknya fungsi dan peranan serat, masihkah kita enggan makan buah dan sayur?

Ramadhan

Ramadhan sudah tinggal menghitung hari aja, ya. Sudah mulai sounding anak-anak, bun? Cerita-cerita aja, bahwa sebentar lagi puasa. Kita akan pindah jam tayang, yang biasanya bangun agak siangan, nanti akan bangun lebih pagi untuk sahur, terus shalat shubuh. Sebisa mungkin habis shubuh jangan tidur lagi, tidurnya nanti jam 11-an, kayak Rasulullah. Nanti sore mulai siapin buat bukaan, bantuin bunda. Terus habis buka, siap-siap ke masjid, tarawih, dst, dst.

Harus sounding dari sekarang, biar anak paham apa yang diharapkan orang tua dari mereka. Gimana jadi anak yg disayang Allah dan Rasulullah. Tapi pasti bukan sesuatu yang mudah buat mereka. Buat kita yang dewasa aja kudu adaptasi dulu, apalagi anak-anak. Maka mulailah ngumpulin berbagai aktivitas buat mengisi waktu luang. Waktu luang mereka jauh lebih panjang, karena liburnya lama. Tambah pusing lagi deh, kepikiran anak di rumah ngapain aja, hehehe…

Ini to do list menyambut Ramadhan ala bundanya Rafi dan Aisha, siapa tau bisa dipake juga sama bunda-bunda yang lain. Boleh dicek-cek ya, semoga bermanfaat 😘👍

🍒 Cek jadwal liburnya anak-anak, biar bisa bikin jadwal kegiatan selama mereka sekolah dan libur di rumah. Karena pasti bakal beda banget yang harus dipersiapkan.

🍒 Cek jadwal shalat selama puasa. Jadwal-jadwal yang dibuat akan mengacu pada jadwal shalat ini.

🍒 Nyicil bikin jadwal harian per tanggal.

🍒 Mulai inventaris semua buku dan edutoys yang ada di rumah. Bersihkan dan kumpulkan di tempat yang mudah dijangkau anak.

🍒 Buat jadwal membaca buku islami tertarget, sesuaikan dengan usia anak. Misalnya, untuk anak yang sudah agak besar ada jadwal membaca buku-buku siroh seperti buku tentang Muhammad, Kisah 24 Nabi dan Rasul, kisah 64 Sahabat Teladan Utama, dan belajar iman-islam. Untuk adik, bisa dipilihkan buku yang lebih ringan, misalnya Halo Balita, Balita Berakhlak Mulia, Seri Teladan Rasulullah, dst. Ini program membaca mandiri, bukan dibacakan. Tapi boleh ditemani. Nanti anak diminta untuk menceritakan ulang, atau orang tua membuat semacam permainan/post test untuk mengevaluasi hasil membaca. Bisa juga dibuat semacam diskusi ringan atau tebak-tebakan terkait buku yang habis dibaca. Tetapkan target yang realistis, misalnya 5-10 halaman sehari. Kalau terlalu banyak mungkin anak akan cepat bosan.

🍒 Buat jadwal membaca buku umum, seperti buku ensiklopedi, belajar bahasa Inggris, belajar matematika, dll. Cek buku yang ada di rumah. Kalau belum ada buku penunjang, mungkin ini saatnya menambah inventaris. Sediakan juga buku ringan tapi sarat makna, misalnya buku cerita dan komik edukatif. Sebisa mungkin usahakan mengecek dulu isi dalam buku sebelum diberikan kepada anak. Karena banyak juga buku yang pengemasannya untuk anak-anak tapi ternyata kontennya dewasa, atau ada konten yang tidak sesuai dengan ajaran agama/norma keluarga.

🍒 Kumpulkan aneka mainan edukatif, peralatan dan buku-buku prakarya, VCD edukatif, dalam tempat yang mudah dijangkau. Susun rencana kegiatan per minggu atau malah sekaligus sebulan, agar tidak bingung lagi saat anak tidak masuk sekolah. Bisa juga dibagi menjadi beberapa kali permainan dalam sehari.

🍒 Tentukan batas waktu, kapan anak diperbolehkan main ke luar rumah, kapan boleh melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan banyak berkeringat, kapan boleh mengundang teman ke rumah, juga jatah screen time per hari, sedetil mungkin. Walaupun sudah dibuat detil, jangan kaget kalau anak masih juga menawar peraturan atau jadwal yang berlaku. Anak-anak adalah makhluk yang amat pintar. Maka kita sebagai orang tua sebaiknya tidak kalah pintar 😆😄. Mereka akan gigih menawar, maka kita harus juga gigih menolak, hehehe…
Ingat kata abah ihsan (pemerhati parenting) mengenai hukum kekekalan usaha. 💃🏻

🍒 Mulai ajari anak untuk selektif memilih makanan. Ajari anak cara memilih makanan sehat, makanan halal. Beri tahu makanan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, untuk nutrisi otak, untuk daya tahan tubuh. Ajari efeknya jika kekurangan atau sebaliknya jika berlebihan mengonsumsi makanan/minuman tertentu. Oleh karena itu tentunya orang tua juga harus belajar dulu. Libatkan anak dalam proses terkait makan ini, sebanyak mungkin. Pergunakan kesempatan ini untuk mengobrol banyak hal dengan anak. Sesekali, buatkan makanan kesukaan mereka agar makin semangat shaumnya.

🍒 Pastikan jam tidur anak (dan orang tua) tetap berkualitas, agar tidak timbul gangguan kesehatan di kemudian hari. Puasa seharusnya menyehatkan dan membuat lebih bersemangat, bukan sebaliknya. Kalau yang terjadi sebaliknya, coba dicek mungkin memang ada pengaturan yang belum pas. Bisa jadi pengaturan makan, pengaturan istirahat, atau lainnya.

🍒 Cek ulang jadwal yang sudah dibuat, sesuaikan juga dengan acara ayah dan bundanya. Jangan lupa, kadang-kadang juga ada jadwal buka puasa bersama, maka kegiatan bisa disesuaikan.

Semoga Ramadhan kali ini bisa kita sambut dengan meriah, dengan persiapan yang lebih baik daripada yang dulu-dulu. Semoga bisa menjalani aktivitas di bulan Ramadhan dengan gembira, sehat, dan bersemangat 😍🙏

Marhaban yaa Ramadhan…
.
.
.
#ramadhan_sebentar_lagi
#persiapan_sambut_ramadhan
#marhaban_yaa_ramadhan
#Ramadhan_berkualitas
#rumah_raisha

Artikel ini juga bisa dibaca di website rumah raisha :

www.rumahraisha.com

Parenting Bersama Rumah Raisha

Sejak membaca buku “The Science of Wealth”, rasanya tercerahkan. Entah kenapa sepertinya yang diceritakan di buku ini pas banget dengan prinsip-prinsip yang saya pegang selama ini. Jadi seneng bacanya, merasa ada temen hehehe…
.
.
Tambah seneng waktu menghubungi penulis dan ternyata beliau berkenan untuk membedah bukunya bersama Rumah Raisha. Ki Jendral menceritakan pengalaman hidup dan perenungan-perenungannya melalui narasi dialog antara tokoh fiktif yang beliau ciptakan, yaitu si Kasrun dan si Bengak. Ternyata dulu beliau tidak langsung sukses seperti ini, banyak perihnya. Tapi dari situ beliau bersama istri lantas bangkit, dan menjadi seperti sekarang.
.
.
Di buku ini beliau menceritakan tentang Lauh Mahfuz dan takdir, Sunnatullah dan Syariatullah, bagaimana Mendesain Outcome, Manusia Level 4, dan Memanajemen diri untuk melunasi Hutang. Beliau juga membahas tentang Monetizing Intelligence (apaan tuh ya? Hehehe), bahkan cara bagaimana Mewarisakn Mindset Kemakmuran.
.
.
Ah, tak usahlah saya berpanjang-panjang menceritakan. Kan nanti penulisnya yang akan bercerita langsung di grup kulwap. Kita tinggal duduk manis dan mendengarkan. Sudah pasti serunya, dan in syaa Allah bermanfaat untuk kita terapkan. Jangan lupa, pastikan masih ada kuota serta baterai penuh tercharge, dan gelas sudah kita kosongkan. Sebab untuk menerima ilmu takkan bisa bila kita masih merasa paling benar, paling pintar, dan paling hebat sendiri bukan?
.
.
Catat tanggalnya, Jumat 9 November 2018 di grup wa bersama Rumah Raisha. Jamnya sekitar jam 8-10 malam. Pendaftaran bisa mulai sekarang, ke nomer wa 081225547505. Yuk, ajak teman dan kerabat sebanyak-banyaknya, bisar sama-sama tercerahkan. Jangan sampai ketinggalan ya 😃👍🏻

Salam,
Rumah Raisha

Alhamdulillah, berhasil juga nih mengumumkan giveaway Rumah Raisha, hihihi… Mohon maaf ya buibu, pengumumannya agak telat, sampe udah ada beberapa yang nanyain terus nih😆🙏🏻. Pengumumannya sih udah ada, cuma kemarin waktunya tersita untuk handle kulwap “Menanamkan Pesan Kebaikan kepada Anak Melalui Bercerita” oleh Bunda Ade Yulia selama 2 hari. Kalo ngitung proses pendaftaran2nya jadi 3 hari ituh. Truz sayanya juga Sabtu-Minggu kemarin sedang hectic urus tugas, sampe2 gak berasa libur. Belum rela masuk lagi hari ini, hahahahahah 🤣
.
.
Dari banyaknya tulisan yang masuk, saya suka sih sama jawaban semuanya. Soalnya jujur banget, ada yang katanya belum pernah denger El Hana. Dan juga gak kenal dengan Rumah Raisha. Karena itu, sekalian aja yaa saya memperkenalkan diri.
.
.
Haiii bundaa… Kenalan dulu ya, nama saya Dina, owner dari Rumah Raisha yang motonya ‘Pembelajar Sepanjang Hayat Dimulai dari Rumah”. Kenapa namanya Rumah Raisha? Karena eh karena, emang ownernya seneng jualan, jualannya kadang ganti2 walau yang utamanya tetep bergerak di bidang edukasi, menyediakan sarana belajar dan mendidik keluarga di rumah. Oleh karena itu, motonya pun seperti itu. Karena menurut saya, tugas kita (terutama muslim) adalah untuk selalu belajar, sepanjang hayat. Dan tempat paling tepat untuk memupuk para pembelajar ini adalah di rumah.
.
.
Baiti jannati. Al ummu madrosatil ula. Anak-anak terlahir dengan rasa ingin tahu (curiosity) yang besar. Di tangan orangtualah rasa tersebut ditumbuhkan, atau justru dimatikan. Kita bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak kita.
.
.
Rumah Raisha membantu menyediakan medianya. Rumah Raisha juga membuka sistem marketer serta reseller, di mana teman-teman bisa ikut menjualkan produk yang kami jual, tanpa harus memikirkan stok, bungkus, dan kirim. Tinggal jualan dengan markom yang sudah disediakan, atau boleh juga kalau ingin berkreasi membuat markom sendiri, kemudian pesan di grup. Sesederhana itu. Saya ingin semua member juga merasa betah bagaikan di rumah kedua, oleh karena itu namanya Rumah Raisha (RR).
.
.
El Hana adalah salah satu brand penyedia edutoys yg juga tersedia di rumah raisha. Salah satu produknya yang paling terkenal yaitu My Busy Book, dan Rainbow Busy Bag (sudah digantikan oleh produk baru, yaitu Busy Bag Color and Shape).
.
.
Terimakasih sudah mau berbagi dengan Rumah Raisha di giveaway kali ini mengenai peran “bermain” bagi anak, serta pertimbangan bunda2 dalam memilihkan mainan bagi anak. Saya setuju, bahwa mainan sangat dibutuhkan oleh anak2 untuk mengeksplore dunia.
.
.
Anyway, ini dia nama-nama pemenangnya :

1. Retno W Karsoutomo — berhak atas 1 set busy bag Color and Shape El Hana
2. Karmili Astuti — berhak atas 1 set Poster Box Adab seri #1
3. Mai Munah — berhak atas 1 set Poster Box Adab seri #1
4. Lisa Nur Fitriani — berhak atas 1 set Poster Box Adab seri #1

Selamat untuk bunda-bunda yang beruntung, dan bagi yang belum beruntung, coba lagi di next giveaway ya. Pantengin terus timeline Fb, Ig, dan status Wa Rumah Raisha 😘🙏🏻

Salam,
Rumah Raisha & Crew

Giveaway Oktober 18

Halooo, assalamu’alaikum dear bundas… 😘😘😘

Masih setia nungguin giveaway dari Rumah Raisha kan ya?

Kali ini ada giveaway dengan hadiah sbb :
1 set busy book color and shape (BBCS)
3 set poster box islami edisi #1 (PBI #1)

Asyik kaan… 😍😍🤗
Perhatikan baik2 ya syaratnya :
1. Like,share, dan tag postingan ini ke Fb Dina Adriana plus 5 akun Fb temanmu, sambil diajakin ikutan giveaway ini (jika tidak dilakukan maka dianggap gugur)
2. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar :
a. sebutkan jenis kelamin dan usia anak (nama anak tidak usah ya, untuk menjaga privasi)
b. menurut bunda, seberapa penting kegiatan bermain untuk anak-anak?
c. Jika memilihkan mainan untuk anak, menurut bunda aspek apa saja yang peru diperhatikan?
d. Apakah pernah mendengar tentang el hana dan rumah raisha? Produk el hana apa saja yang ada di rumah bunda, dan yang mana yang paling disukai anak?

Giveaway ini berlaku selama 10 hari, terhitung mulai tanggal 21-30 Oktober 2018.
Ongkos kirim ditanggung oleh pemenang.

Pemenang akan dipilih sebanyak 4 orang dari list peserta yang sudah memenuhi syarat. So, pastikan sudah membaca bagian persyaratan giveaway dengan seksama ya bun 😘👍🏻

Kami tunggu partisipasinya, dan semoga beruntung !!!

Rumah Raisha

Giveaway RR Sept 18

Assalamu’alaikum teman-temaaan…

Hai hai, GIVEAWAY TIME datang lagiii… 💃💃💃 Yuk ikutan !!!

Caranya gampang :
1. Klik link postingan GIVEAWAY time di Fb saya, dan SHARE di wall-mu.

2. JAWAB pertanyaan di kolom komentar. Awas jangan sampai ada yg ketinggalan dijawab ya, hihihi…

3. TAG 5 orang temanmu yang juga suka buku, ajak untuk sama-sama ikutan giveaway ini.

Tersedia hadiah 3 buku “AKU LIHAT LAYAR SECUKUPNYA” dari penerbit Kakatu (saat ini masih PO ya bunsay)

Periode GIVEAWAY sampai dengan 30 September 2018, so buruaan ikutannn…!!

* Pemenangnya akan dirandom untuk mendapatkan 3 orang yang beruntung
* Kuis ini terbuka untuk umum, semua orang boleh mengikuti kuis ini, termasuk BA dan reseller
* Ongkir hadiah ditanggung pemenang

Salam suka baca,
Dina Adriana ❤
(Doctor, Book Advisor, Mother)

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2344182922265319&id=100000209026624

Giveaway RR September 2018

Assalamu’alaikum teman-temaaan…

Hai hai, GIVEAWAY TIME datang lagiii… 💃💃💃 Yuk ikutan !!!

Caranya gampang :
1. Klik link postingan GIVEAWAY time di Fb saya, dan SHARE di wall-mu.

2. JAWAB pertanyaan di kolom komentar. Awas jangan sampai ada yg ketinggalan dijawab ya, hihihi…

3. TAG 5 orang temanmu yang juga suka buku, ajak untuk sama-sama ikutan giveaway ini.

Tersedia hadiah 3 buku “AKU LIHAT LAYAR SECUKUPNYA” dari penerbit Kakatu (saat ini masih PO ya bunsay)

Periode GIVEAWAY sampai dengan 30 September 2018, so buruaan ikutannn…!!

* Pemenangnya akan dirandom untuk mendapatkan 3 orang yang beruntung
* Kuis ini terbuka untuk umum, semua orang boleh mengikuti kuis ini, termasuk BA dan reseller
* Ongkir hadiah ditanggung pemenang

Salam suka baca,
Dina Adriana ❤
(Doctor, Book Advisor, Mother)

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2344182922265319&id=100000209026624

RR Peduli Lombok

Rumah Raisha mengucapkan turut berduka cita bagi korban gempa di Lombok. 😢😢😢

Pagi ini alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk berkontak dengan sahabat yang berdomisili di sana. Teman satu kelompok koas, susah senang bersama selama kurang lebih 2 tahun menjalai program dokter muda. Syukur alhamdulillah di tempat teman kami ini masih ada listrik jadi kami masih bisa berkomunikasi.

Ternyata kondisi di sana memang cukup parah. Sedih, mengetahui bantuan belum bisa sampai ke daerah2 pelosok dikarenakan akses yg terputus. Bantuan masih menumpuk di pusat kota 😰😰

Udara di Semarang pagi ini lumayan menusuk tulang. Tapi bersyukur kita di sini walaupun terasa dingin tapi masih ada selimut yang hangat, masih ada atap tempat berlindung, masih ada makanan… Saudara2 kita di sana kedinginan dan kelaparan, bahkan mulai ada penjarahan. Lombok utara kabarnya seperti kota mati. Korban luka dan meninggal akibat gempa makin bertambah dari hari ke hari… Belum lagi second disaster yang siap menghadang : penyakit2 infeksi, trauma fisik dan psikis…

Untuk itu RR bermaksud membantu galang dana. Salurkan sedekah2 terbaik kita ke sana. Saudara2 setanah air kita saat ini sedang membutuhkan bantuan.

*RR Peduli Gempa Lombok*

Bagi rekan2 yang ingin membantu bisa transfer ke no rek teman kami di Lombok :
MANDIRI 1610000555644 an I Gusti Ayu Yunia Arlini (dr. Lini)
BNI 0296986117 an Kurnia Akmal (dr. Akmal)
BRI 015701045842503 an Kurnia Akmal

*ATAU*

MANDIRI 1340004190004 an Dina Adriana

Bila ada di antara teman2 yang ingin barengan menyalurkan dana melalui RR, dipersilakan.. Mohon konfirmasi setelahnya, agar dana yang masuk bisa segera kami salurkan kepada saudara2 yang membutuhkan…

Kalau teman2 bersedia ikut membagikan postingan ini, saya juga sangat berterimakasih. Agar semakin banyak yang bisa turut berpartisipasi.
Semoga Allah membalas kebaikan teman2 dengan sebaik2 balasan. Jazaakumullah ahsanal jaza 😘🙏🏻

Salam,
Dina Adriana & Rumah Raisha

********

Berikut saya sertakan informasi dari dr.Lini pada tulisan di bawah ini ya… (copas)

Mohon segera bergerak berikan bantuan kepada saudara2 kita korban gempa Lombok Utara. Kerusakan parah, korban banyak dan minim bantuan. Seluruh wilayah hancur dan butuh bantuan.
Dibutuhkan Tenaga Medis dan bantuan lainnya untuk wilayah terparah gempa Lombok. Titik terparah Lombok di Lombok Utara.

Sampai saat ini belum ada posko kesehatan dan evakuasi korban banyak belum dilakukan, bantuan yang belum masuk, pengungsian menyebar blm terkoordinasi dengan baik.

Kebutuhan darurat lainnya :
-Air bersih
-Selimut
-Makanan siap saji
-Baju layak pakai
-Terpal/tenda
-Dana

dr. Arlini – dr.Akmal

Nabiku Idolaku

NABIKU IDOLAKU KINI HADIR KEMBALI ^_^

Haay…para bunda sholihah,,bagaimana kabar nya? Mudah2an senantiasa sehat & dalam lidungan Allah Swt Aamiin….
Para Bunda yang sudah punya NBI dijaman PO dahulu pasti sudah ga asing lagi sama produk yang satu ini yaaa
Naah sekrang Mandira Dian Semesta menghadirkan kembali buku yang menjadi hits di era nya terdahulu ini.
Hmmm kita simak yuuk 🙂

NBI sekarang di bagi menjadi 3 para bunda.

1. Nabiku Idolaku Balita
NBI Balita ini hadir dalam format boardbook sebagai pintu masuk bagi anak-anak, khususnya balita dalam mengenal
kisah 25 Nabi & Rasul. Produk ini di kemas secara mungil, disajikan dengan pilihan kata yang pas bagi anak,
cerita nya di sampaikan dengan ringkas dan padat sehingga isinya mudah di pahami.

2. Nabiku Idolaku Anak
Selanjutnya, di produk paket Nabiku Idolaku ada 6 Jilid Kisah Tokoh dalam Al-Quran
Berisikan kisah tokoh-tokoh yang sering diungkapkan dalam Al-Quran: Maryam, Khidir, Thalut, Qarun, Luqman, dan
Zulkarnain. Ilustrasinya sangat menarik, disajikan dalam bentuk tiga dimensi.
Yuk kenalkan para nabi dan rasul Allah dengan cara yang seru dan menyenangkan ^_^
Selain 6 jilid kisah tokoh dalam Alqur’an ada juga 3 jilid utama kisah Nabi & Rasul teladan sepanjang zaman.
hmmm lengkap ya bun??

3. Nabiku Idolaku Full Set+Epen.
Naaah kalau yang ini perpaduan anatara NBI balita & NBI anak bun.
Pluss di lengkapi Epen nya lho bun. Pokok nya ini lebih lengkap disertai Main Yuk juga.
hmmm pasti akan menarik ya bun 🙂

Lebih lengkap nya langsung masuk ke Etalase klik Mizan Dian Semesta terus klik Nabiku Idolaku ya bun 🙂

Silahkan menjelajah di Rumah Raisha 🙂