Cara membuat Clay

Cara membuat clay bisa dibilang cukup mudah dan simpel. Bahan-bahannya juga tidak banyak dan sangat mudah di dapatkan. Jadi tidak ada alasan lagi kalau kita tidak bisa membuat clay sendiri di rumah. Bagi yang belum tahu clay, clay adalah mainan yang serupa malam tetapi bukan berbahan plastisin. Clay berbahan baku dari tepung-tepungan.

Clay umumnya dipakai untuk mainan anak usia dini atau sekolah dasar. Di luar negeri sendiri dinamakan “play dough”. Biasanya clay ini dibuat bentuk-bentuk yang lucu, mulai dari replika makanan, karakter, buah-buahan, dll. Namun tahukan kamu, ternyata clay juga berpotensi untuk dijadikan sumber penghasilan loh. Caranya dengan membuat replika mini tentang sesuatu, lalu dikeringkan dan dijual sebagai souvenir.

Nah, jadi untuk clay yang akan kita buat sendiri ini nantinya bisa dipakai untuk mainan anak yang aman atau sumber penghasilan. Bagaimana? Masih ragu mau membuatnya? Sudah, coba dulu saja cara membuat clay berikut ini. Siapa tahu kamu dapat inspirasi untuk membuat sesuatu atau sekedar menemani bermain anak. Sehingga dengan permainan edukatif seperti ini anak dapat mengembangkan fungsi motorik halus dan kasarnya di masa bermain dan masa tumbuhnya.

Cara Membuat Clay dari Tepung Terigu :
Inti dari membuat clay adalah bagaimana clay tersebut menjadi kalis. Tidak terkecuali clay berbahan terigu. Jadi takar ukurannya sampai adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.

Persiapan dan Bahan :
1. 80 gram Tepung terigu, boleh merek apa saja
2. 80 gram Tepung tapioka/tepung singkong/tepung kanji
3. 80 gram Tepung beras, boleh merek apa saja
4. 200 gram Lem putih/lem kayu, boleh merek apa saja

Langkah-langkah Membuat Clay Tepung Terigu :
1. Siapkan wadah berukuran sedang, lalu campurkan semua tepung-tepungan tersebut menjadi satu.

2. Ayak tepung supaya dapat tekstur tepung yang lembut dan terhindar dari kotoran. Setelah itu masukkan lem putih ke dalam ayakan tepung lembut tersebut.

3. Uleni adonan sampai tercampur rata dan kalis. Jika terlalu lembek tambahkan sedikit terigu. Jika terlalu keras tambahkan beberapa sendok makan lem putih.

Jika sudah kalis maka clay sudah jadi. Adonan clay yang sudah jadi bisa dibuat menjadi bentuk yang diinginkan sesuai selera.
Jika ingin ada warnanya, tuangkan pewarna makanan ke dalam adonan kalis tersebut, lalu uleni lagi sampai warna tercampur rata.

Adonan clay yang tidak dipakai sebaiknya disimpan di wadah tertutup rapat agar tidak mengering dan mengeras.

Semoga bermanfaat kawan2 RumahRaisha

Sumber :
http://kliping.co/

cara-membuat-clay

Cara Membuat Clay dari Sabun :

Selain menggunakan segala jenis tepung-tepungan, cay juga bisa dibuat dengan sabun mandi batang. Hasi dari clay sabu mandi batang ini cenderung lembut karena bahan sabun umumnya mengandung parafin dan minyak. Clay jenis ini cocok untuk dibuat kerajinan tangan.

Persiapan dan Bahan :
1 buah Sabun mandi batang, mereknya bebas
2. Tepung terigu secukupnya
3. Lem putih atau lem kayu secukupnya
4. 1 sendok teh Garam dapur halus
5. Pewarna makanan sesuai selera

Langkah-langkah Membuat Clay Sabun :
1. Ambil satu buah sabun batang lalu iris atau rajang kecil-kecil sampai habis. Kemudian rendam irisan sabun tersebut dalam air kira-kira setinggi irisan tersebut.

2. Diamkan rendaman tersebut sampai sabun jadi lembek, kurang lebih 3-3,5 jam perendaman. Jika sudah lembek, buang setengah airnya lalu haluskan lagi sabun lembek tersebut dengan sendok atau apa pun sampai lembut.

3. Setelah itu masukkan tepung terigu, garam dapur halus dan juga lem putihnya. Ukur saja dengan takaran yang pas,
masukkan sedikit-sedikit terigu dan lem putihnya, kira-kira perbandingannya 1:1,5.

4. Kemudian setelah itu uleni semua bahan tersebut sampai tercampur rata. Jika belum kali tambahkan terigunya atau lem putihnya sampai menjadi kalis.

Jika adonan sudah kalis sempurna, sebenarnya adonan clay sudah jadi. Tapi agar terlihat cantik, maka tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

5. Selanjutnya uleni sekali lagi sampai warna menyatu sampai rata.

6. Sekarang clay siap dibuat mainan dan dibentuk sesuai selera. Sekedar tips saja, apabila adonan clay masih sisa atau tidak dipakai maka sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat. Sebab clay yang kelamaan dianginkan akan mudah mengering dan jadi keras.

_Selamatmencoba_

Sumber :
http://kliping.co/