Little Explorer Busy Bag

Rp. 105.000,-

Little Explorer adalah produk terbaru El Hana (elhanalearningkit.com) yang berisi beberapa set aktivitas yang berhubungan dengan eksplorasi alam sekitar dan percobaan ilmiah.

Permainan-permainan dalam Little Explorer bertujuan untuk memberikan wawasan tentang alam sekitar untuk mengasah kepekaan anak-anak terhadap lingkungan dan alam sekitarnya dengan melakukan berbagai aktivitas yang juga diharapkan mampu menstimulasi sensori motor mereka.

Berikut macam-macam permainan dalam Little Explorer :

1. Tenggelam dan Terapung Permainan mengklasifikasi benda-benda yang ada di keseharian anak yang dapat ditemukan di rumah, apakah benda-benda tersebut akan tenggelam atau terapung jika dicelupkan ke dalam air. Anak-anak senang mengamati dan melakukan percobaan terhadap benda-benda di sekitarnya dan mereka akan takjub menemukan bahwa setiap benda menghasilkan reaksi yang berbeda jika dicelupkan ke dalam air. Anak akan menyadari bahwa semua benda terbuat dari bahan yang berbeda-beda sehingga bahan dasar itu yang menyebabkan perbedaan reaksi apakah dia akan tenggelam atau terapung. Anak yang lebih besar (usia SD) bisa juga mulai mempelajari bahan dasar dari tiap benda tersebut.

Spesifikasi :
– Mat 1 lembar – Spidol (erasable marker), yang juga digunakan untuk 2 permainan lainnya. Tambahan alat yang perlu disiapkan orang tua: ember/baskom, air, benda-benda seperti pada gambar di dalam mat atau lainnya yang mudah ditemukan dan tidak berbahaya.

2. Temu Warna Permainan mengenal warna, mencampurnya dan menemukan warna baru. Pada umumnya anak balita sudah mulai mengenal macam-macam warna. Namun akan lebih menyenangkan bagi mereka jika mereka juga tahu bahwa sebagian warna tercipta dari pencampuran dua atau lebih warna dasar. Biarkan anak melakukan percobaan pencampuran untuk melihat perubahan warna ketika beberapa warna dicampur dan mereka merasakan kegembiraan sudah berhasil menemukan warna baru.

Spesifikasi : – Mat 1 lembar
– 3 botol pewarna makanan warna merah, biru dan kuning
– Spidol (yang juga digunakan untuk permainan tenggelam dan terapung) Tambahan alat lain yang diperlukan: sedikit air untuk melarutkan pewarna, 4 wadah transparan seperti bekas gelas air mineral dan semisalnya.

3. Jelajah Alam Permainan menemukan dan mencari benda-benda alam di sekitar kita. Ajak anak keluar rumah ke suatu kebun, taman atau tempat lainnya di mana terdapat banyak benda alam. Bawa mat jelajah alam, lup/kaca pembesar, spidol, dan peralatan lainnya yang kira-kira dibutuhkan saat anak mengamati alam. Anak dapat melakukan pengamatan, menemukan hal-hal baru, dan orang tua bisa terbantu mengarahkan anak ketika melakukan jelajah alam dengan adanya mat yang tersedia. Sehingga aktivitas jalan-jalan bersama di alam bebas bisa lebih terarah dan lebih mendukung stimulasi sensori anak.

Spesifikasi :
– Mat 1 lembar
– Lup/kaca pembesar – Spidol (yang juga digunakan untuk 2 permainan sebelumnya) Tambahan alat lain yang mungkin diperlukan saat jelajah alam: tas, botol minum, dll.

4. Aku Dapat Memakan Semua Bagian Tumbuhan! Permainan mengenal bagian-bagian dari tumbuhan dan berbagai jenis sayuran. Orang tua dapat menjelaskan ke anak bahwa sebagian sayuran termasuk jenis akar, sebagiannya termasuk jenis daun, dan sebagainya seperti pada gambar bagan pohon dan sayuran. Lalu ajak anak mengklasifikasi potongan sayuran ke tabel-tabel yang tersedia. Jika potongan sayuran tersebut merupakan daun, maka letakkan di kolom daun. Jika merupakan buah maka letakan di kolom buah. Potongan sayuran bisa berganti setiap harinya sesuai sayur yang hendak dimasak atau dimakan di rumah hari itu. Ceritakan juga manfaat sayuran secara umum kepada anak. Diharapkan karena berinteraksi lebih dalm mengenal sayuran, anak-anak bisa dengan senang hati memakan sayur-sayuran.

Spesifikasi:
– 2 lembar mat: 1 lembar mat bergambar bagan tumbuhan dan jenis sayur 1 lembar mat berisi tabel untuk mengklasifikasi potongan sayur Tambahan alat lain yang dibutuhkan: potongan kecil berbagai sayuran yang terdapat di rumah untuk dikelompokkan di dalam mat tabel klasifikasi sayuran.

5. Apakah Aku Dapat Berenang, Terbang, atau Hanya Berjalan? Permainan mengelompokkan binatang sesuai dengan kemampuannya berenang, terbang atau hanya berjalan di daratan. Berbagai kepingan binatang diletakkan di atas salah satu dari 3 mat bergambar 3 jenis lingkungan alam: darat, laut/air dan udara. Pertama anak-anak bisa diajak mengenal macam-macam binatang tersebut dan tempat hidupnya, juga ciri-ciri yang menandai mengapa mereka bisa terbang di udara, berenang di laut/perairan atau hanya berjalan. Misal jika dapat terbang dia harus punya sayap, meskipun ada binatang bersayap yang tidak bisa terbang. Binatang yang bisa berenang bahkan hidup di dalam air memiliki tekstur tubuh yang licin dan sebagian memiliki sirip. Sementara binatang yang hanya bisa berjalan tentunya memiliki kaki dan tanpa sayap atau sirip Setelah selesai mengelompokkan semua kepingan binatang sesuai kemampuannya, kepingan binatang juga bisa digunakan untuk bermain peran/pretend play.

Spesifikasi :
– 3 mat bergambar habitat: daratan, lautan/air, dan langit/udara
. – kepingan berbagai macam binatang.

6. Poster Siklus Air Poster ini dapat dipajang untuk bahan bercerita ke anak bagaimana air terbentuk dan sumber-sumber air di sekitar kita. Perjalanan air yang berputar membentuk semacam siklus yang menarik dan penting untuk diketahui anak-anak sebagai wawasan, penamabah kosa kata dan upaya menciptakan kesadaran untuk menggunakan air dengan hemat dan bijak.

Spesifikasi Bahan dan Material:
– Semua mat dan kepingan berbahan Art Carton 400 gram
– Poster berbahan Art Paper 120 gram
– Magnifier/Lup/Kaca Pembesar bergagang plastik merk Joy Art diameter 9 cm
– Spidol bermerk Faster, Non Toxic, erasable / dapat dihapus – Pewarna makanan (food grade coloring) produksi PT. Centra Lautan Pewarna
– Semua tulisan/coretan yang ditulis di atas mat dengan menggunakan spidol di atas, dapat dihapus dengan menggunakan tissue basah atau kain lembab
– Meskipun berbahan non toxic, mulut spidol/tintanya tidak boleh dimasukkan ke dalam mulut

PERHATIAN :
Semua permainan di dalam Little Explorer bisa dimainkan mulai anak usia 3 tahun ke atas. Namun untuk anak 3 tahun dan kisaran usia balita/TK masih harus didampingi orang tua / guru dalam semua permainan, terutama untuk menjelaskan secara sederhana berbagai materi pengetahuan alam yang terkandung di dalam permainan tersebut. Sementara untuk anak usia SD sudah bisa melakukan berbagai permainan dalam Little Explorer secara mandiri.

12118645_626973944112277_3989046994912316998_n

Poster Siklus Air

Poster ini dapat dipajang untuk bahan bercerita ke anak bagaimana air terbentuk dan sumber-sumber air di sekitar kita. Perjalanan air yang berputar membentuk semacam siklus yang menarik dan penting untuk diketahui anak-anak sebagai wawasan, penamabah kosa kata dan upaya menciptakan kesadaran untuk menggunakan air dengan hemat dan bijak.

12088439_626974904112181_4731316477354224472_n

Temu Warna

Permainan mengenal warna, mencampurnya dan menemukan warna baru. Pada umumnya anak balita sudah mulai mengenal macam-macam warna. Namun akan lebih menyenangkan bagi mereka jika mereka juga tahu bahwa sebagian warna tercipta dari pencampuran dua atau lebih warna dasar. Biarkan anak melakukan percobaan pencampuran untuk melihat perubahan warna ketika beberapa warna dicampur dan mereka merasakan kegembiraan sudah berhasil menemukan warna baru.

Spesifikasi :
– Mat 1 lembar
– 3 botol pewarna makanan warna merah, biru dan kuning
– Spidol (yang juga digunakan untuk permainan tenggelam dan terapung)
* Tambahan alat lain yang diperlukan: sedikit air untuk melarutkan pewarna, 4 wadah transparan seperti bekas gelas air mineral dan semisalnya.

12143239_626974924112179_8196117817400367361_n

Aku Dapat Memakan Semua Bagian Tumbuhan!

Permainan mengenal bagian-bagian dari tumbuhan dan berbagai jenis sayuran. Orang tua dapat menjelaskan ke anak bahwa sebagian sayuran termasuk jenis akar, sebagiannya termasuk jenis daun, dan sebagainya seperti pada gambar bagan pohon dan sayuran. Lalu ajak anak mengklasifikasi potongan sayuran ke tabel-tabel yang tersedia. Jika potongan sayuran tersebut merupakan daun, maka letakkan di kolom daun. Jika merupakan buah maka letakan di kolom buah. Potongan sayuran bisa berganti setiap harinya sesuai sayur yang hendak dimasak atau dimakan di rumah hari itu. Ceritakan juga manfaat sayuran secara umum kepada anak. Diharapkan karena berinteraksi lebih dalm mengenal sayuran, anak-anak bisa dengan senang hati memakan sayur-sayuran.

Spesifikasi :
– 2 lembar mat:
1 lembar mat bergambar bagan tumbuhan dan jenis sayur
1 lembar mat berisi tabel untuk mengklasifikasi potongan sayur

Tambahan alat lain yang dibutuhkan: potongan kecil berbagai sayuran yang terdapat di rumah untuk dikelompokkan di dalam mat tabel klasifikasi sayuran.

12095100_626974950778843_6212166090629183957_o

Tenggelam dan Terapung

Permainan mengklasifikasi benda-benda yang ada di keseharian anak yang dapat ditemukan di rumah, apakah benda-benda tersebut akan tenggelam atau terapung jika dicelupkan ke dalam air. Anak-anak senang mengamati dan melakukan percobaan terhadap benda-benda di sekitarnya dan mereka akan takjub menemukan bahwa setiap benda menghasilkan reaksi yang berbeda jika dicelupkan ke dalam air. Anak akan menyadari bahwa semua benda terbuat dari bahan yang berbeda-beda sehingga bahan dasar itu yang menyebabkan perbedaan reaksi apakah dia akan tenggelam atau terapung. Anak yang lebih besar (usia SD) bisa juga mulai mempelajari bahan dasar dari tiap benda tersebut.

Spesifikasi :
– Mat 1 lembar
– Spidol (erasable marker), yang juga digunakan untuk 2 permainan lainnya.

Tambahan alat yang perlu disiapkan orang tua : ember/baskom, air, benda-benda seperti pada gambar di dalam mat atau lainnya yang mudah ditemukan dan tidak berbahaya.

12107164_626975014112170_100901940655669719_n

12140663_626975090778829_1787648303137757481_n

Jelajah Alam

Permainan menemukan dan mencari benda-benda alam di sekitar kita. Ajak anak keluar rumah ke suatu kebun, taman atau tempat lainnya di mana terdapat banyak benda alam. Bawa mat jelajah alam, lup/kaca pembesar, spidol, dan peralatan lainnya yang kira-kira dibutuhkan saat anak mengamati alam. Anak dapat melakukan pengamatan, menemukan hal-hal baru, dan orang tua bisa terbantu mengarahkan anak ketika melakukan jelajah alam dengan adanya mat yang tersedia.

Sehingga aktivitas jalan-jalan bersama di alam bebas bisa lebih terarah dan lebih mendukung stimulasi sensori anak.

Spesifikasi :
– Mat 1 lembar
– Lup/kaca pembesar
– Spidol (yang juga digunakan untuk 2 permainan sebelumnya)

Tambahan alat lain yang mungkin diperlukan saat jelajah alam: tas, botol minum, dll.

12108784_626975350778803_8954646538035087567_n

Permainan-permainan dalam Little Explorer bertujuan untuk memberikan wawasan tentang alam sekitar untuk mengasah kepekaan anak-anak terhadap lingkungan, dengan beberapa kecakapan yang diharapkan bisa muncul, di antaranya :
• Melatih kemampuan klasifikasi dan memasangkan.
• Mengenal warna dan mengamati reaksi dari perubahan warna.
• Melakukan pengamatan untuk melihat munculnya sebab dan akibat.
• Melakukan percobaan ilmiah sederhana.
• Mengenal lebih dalam tentang air, tumbuhan, sayuran dan binatang yang merupakan karuia Allah yang diciptakan untuk bisa kita manfaatkan dan kita lestarikan.
• Mengasah imajinasi.
• Menumbuhkan kepekaan tehadap alam dan lingkuan sekitar
• Menstimulasi otak kanan dan kiri
• Melatih indera sensorik
• Membangun inisiatif
• Menumbuhkan kepercayaan diri
• Membangun kedekatan orang tua dan anak
• Jika dimainkan bersama dapat membangun rasa empati,menahan diri, kemampuan menunggu dan bergiliran, serta kemampuan sosial lainnya.

13115973_706203812855956_1064284129841238846_o

MORE INFO :
——————–
SMS / WA : 08179518643
Facebook Page : Rumah Raisha
Fb : Dina Adriana
Website :www.rumahraisha.com
IG : bunda_raisha