Ensiklopedi Muhammad (Ensim)

11183357_1058121804232337_1004163682468464112_n

Manusia di dunia ini sifatnya hanya singgah semata. Hanya berupa kumpulan surat dan tulisan. Surat kelahiran, Surat-surat ijazah pendidikan, Surat nikah, terakhir surat kematian. Beberapa yang beruntung mungkin bisa menceritakan kisah hidupnya dalam sebuah biografi, untuk dibaca oleh generasi setelahnya. Maka sudahkah hidup kita ini bermanfaat?

Bicara tentang manfaat, adakah manusia lain yang lebih memberikan manfaat dalam hidupnya dibandingkan lelaki pilihan ini? Yang khusus Allah kirimkan untuk menjadi panutan manusia dalam segala bidang, yang kemanfaatan hidupnya tak hanya pada umat di zamannya melainkan bahkan hingga akhir zaman…

Ada banyak buku yang mengupas tentang kisah hidup Beliau : Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam. Salah satunya adalah buku ini : ENSIKLOPEDI MUHAMMAD (ENSIM)

Sebuah karya dari Afzalur Rahman, seorang muslim asal Pakistan yang mendirikan The Moslem Educational Trust (MET) di Inggris. Ensiklopedi Muhammad merupakan terjemahan dari karyanya yang berjudul Encyclopedia of Seerah.
Ensiklopedi Muhammad (ENSIM) merupakan ensiklopedi terlengkap seputar Nabi Muhammad SAW yang memiliki beberapa keistimewaan :

1. Satu-satunya ensiklopedi yang mengupas pribadi Muhammad dari sepuluh aspek dan profesi terpenting manusia dalam hidup: sebagai nabi, pribadi mulia, pedagang, suami dan ayah, pendidik, pecinta ilmu, negarawan, pemimpin militer, pejuang kemanusiaan, dan hakim.

2. Metode penulisan gabungan antara metode kronologis dan tematis. Metode kronologis menyampaikan sejarah hidup nabi secara urutan waktu dari kelahiran nabi, hingga wafat (dijumpai dalam paruh pertama jilid 1). Sedangkan metode tematis adalah metode penulisan yang menyoroti aspek-aspek tertentu dari nabi (dijumpai dalam keseluruhan jilid).

3. Ditulis oleh cendekiawan terkemuka Pakistan, Afzalur Rahman. Hampir selama 10 tahun (sepanjang dekade 80-an), Afzalur Rahman mencurahkan hidupnya untuk menulis ensiklopedi ini. Satu jilid dari karyanya pernah diterbitkan di Indonesia di era 90-an yaitu “Muhammad Sebagai Seorang Pedagang”. Kini publik Indonesia dapat menikmati karya monumental Afzalur Rahman dalam versi yang lebih komplit dengan pengemasan yang lebih segar.

4. Merujuk pada kitab-kitab karya ulama klasik: Kitab hadis sittah, Sirah Ibn Ishaq, Ibn Hisyam, Ibn Sa’ad, Thabari dan kitab-kitab tafsir mu’tabarah.

5. Diperkaya dengan kontribusi sekian banyak artikel dan tulisan ulama terkemuka dunia Islam sejak zaman klasik hingga modern seperti Al-Ghazali, Ibn Al-Qayyim, Syah Waliyullah, Abul A’la Maududi, Muhammad Qutb, Sayyid Qutb, Maurice Bucaille, Hasan Al-Nadwi, Muhammad Asad, Hamka, Mustafa Siba’i, Syaikh Abu Zahra.

6. Disunting dan diperkaya oleh RedaksiPelangi Mizan dari buku aslinya hingga ringkas, padat, informatif dengan penambahan materi serta ilustrasi yang menarik dan artistik. Materi tambahan suntingan redaksi Pelangi Mizan diambil dari beragam sumber, luar maupun dalam negeri.

7. Rujukan silang ke buku-buku program Life-Long Learning MDS lainnya.

Ensiklopedi Muhammad terdiri dari 10 jilid dengan judul :
– Muhammad Sebagai Nabi
– Muhammad Sebagai Pribadi Mulia
– Muhammad Sebagai Pedagang
– Muhammad Sebagai Suami & Ayah
– Muhammad Sebagai Pendidik
– Muhammad Sebagai Pecinta Ilmu
– Muhammad Sebagai Negarawan
– Muhammad Sebagai Pemimpin Militer
– Muhammad Sebagai Hakim
– Muhammad Sebagai Pejuang Kemanusiaan

12417586_1242839389066350_3319140515780374255_n

Spesfikasi buku Ensiklopedi Muhammad :
1. Terdiri dari 10 jilid
2. 100-150 halaman perjilid
3. Hard Cover
4. Full Colour
5. Isi kertas matepaper 150gr

Mau memiliki bukunya?
caranya gampang, hub wa 08179518643 (dina) insya allah dibantu dengan senang hati 🙂

www.rumahraisha.com
Wa 08179518643

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 16 =