Ensiklopedi Prophetic and Leadership Management

Assalamuallaikum Wr. Wb..

Kecintaan kita terhadap Rasul sering hanya di bibir saja. Kita menyebut namanya, mengagungkan sifat-sifat nya pada bulan maulud, tapi setelah bulan maulud lewat kita kembali ke kantor, pasar saham, berdagang, wisdomnya Rasulullah SAW tidak pernah kita bawa. Ketika kita mempelajari leadership dan management, kita selalu berkiblat kepada timur dan barat, tidak pernah kita menggali bagaimana Rasulullah SAW menjadi seseorang yg benar-benar super dalam berbagai dimensi kehidupan.

ENSIKLOPEDIA PROPHETIC LEADERSHIP & MANAGEMENT WISDOM adalah karya terbaru Dr.Muhammad Syafii Antonio, M.Ec & TIM TAZKIA yang mencoba menggali berbagai WISDOM Rasulullah SAW.

Buku ini terdiri dari 4 jilid, yaitu:
1. SHIDDIQ
2. AMANAH
3. FATHANNAH
4. TABLIGH

proLM

proLM shiddiq

Jilid 1. Shidiq untuk membentuk Personal Excellence

Keunggulan pribadi atau personal excellence terbentuk dari pengejawantahan karakter Shiddiq. Shiddiq tidak saja berarti benar tetapi yang lebih penting lagi adalah karakter shiddiq mewajibkan pemegangnya untuk selalu berpihak pada kebenaran dan memiliki ketangguhan jiwa dalam 7 (tujuh) sebagai berikut:

1. Tauhid (Keyakinan akan Ke-esaan Allah SWT)
2. Honest (Jujur)
3. Peace of Mind (Jiwa yang Tenang)
4. Patience (Sabar yang produktif dan dinamis)
5. Thankful (Penuh kesyukuran)
6. Halal Oriented (Selalu ingin yang halal)
7. Istiqamah (Teguh pada prinsip)

download (1)

Jilid 2. Amanah membentuk Inter-personal Capital

Keunggulan antar pribadi di masyarakat hanya akan terjalin jika kita memiliki modal interaksi antar personal (inter-personal capital) yang baik. Hal ini terkandung dengan sempurna dalam karakter amanah. Amanah ternyata tidak bisa sendirian ia hanya akan muncul saat kita berinteraksi dengan orang lain. Amanah akan tampak jika seseorang “mengamanahi” kita satu tugas atau kepercayaan atau “amanah” jabatan. Ada 7 (tujuh) unsur utama pembentuk amanah yang meliputi:

1. Justice (Adil)
2. Fulfilling Commitment (Menepati janji dan komitmen)
3. Realiability (Dapat diandalkan untuk mengemban amanah)
4. Transparency (Keterbukaan)
5. Independency (Kemandirian)
6. Emotional & physical Fitness (Kesehatan jiwa dan fisik)
7. Accountability & Responsibility (Bertanggung jawab)

cover_fathanah1-221x300

Jilid 3. Fathanah membentuk Professionalism, Quality & Competence

Rasulullah SAW juga memberikan teladan untuk menjadi seorang insan yang profesional dan kompeten dalam bidang yang kita geluti, apapun itu jenisnya. Keunggulan profesionalisme, cakap dalam sains, mumpuni dalam ilmu pengetahuan tercermin dalam karakter Fathanah. Fathanah tidak saja diartikan cerdas (Fathn) tetapi kecerdasan ini akan muncul dalam berbagai bentuk sifat dan kompetensi.

Sifat Fathanah pada akhirnya akan melahirkan insan yang profesional dan memiliki kompetensi teknis yang tinggi (Professionalism, quality and competence). Keunggulan ini sangat berguna saat kita memimpin satu institusi atau organisasi dimana good governance dan professionalism menjadi tulang punggung dan kata kunci untuk sukses.

proLM tabligh

Jilid 4. Tabligh membentuk Visionary and Communicative Leadership

Teladan kepemimpinan Rasulullah SAW yang sempurna ternyata terdapat dalam sifat Tabligh. Banyak para cendekiawan Muslim menterjemahkan tabligh dengan anonim “menyampaikan”, “menceritakan” atau “mengabarkan”. Ternyata dengan mengartikan terjemahan harfiah ini, kita sudah mendzalimi keagungan Rasulullah SAW sekaligus mereduksi kemuliaan wisdom nya. Setelah analisa yang cukup lama tabligh ternyata merupakan titik kulminasi tertinggi dari rangkaian shiddiq, amanah, fathanah, tabligh. Tabligh harus diartikan sebagai leader yang memiliki visi masa depan dan mampu mengkomunikasikannya dengan efektif (visionary and communicative leader).

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − five =