Menjadi Orang Tua Yang Bahagia Bagian 1

Halo Ayah Bunda,

Artikel tentang Menjadi Orangtua yang Bahagia, bahwa sudut pandang kita terhadap parenting sanga mempengaruhi output yang akan dihasilkan child.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di infografis berikut ini ya.

Semoga bermanfaat 🙂

15726357_838287362980933_5644656937273052591_n

15822551_838178529658483_2774514838834078099_n

TIPS MENUMBUHKAN KECINTAAN ANAK KEPADA RASULULLAH

Salah satu hal yang penting ditanamkan kepada anak sejak dini adalah menanamkan kecintaan anak kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam(setelah menanamkan kecintaan kepada Allah tentunya).

Pendidikan Islam menuntut anak kecil maupun dewasa agar meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena beliau adalah teladan terbaik yang tak akan tergantikan. Beliau manusia paling sempurna dan utusan Allah Ta’ala yang paling utama.

Mirisnya, saat ini banyak anak-anak dari kalangan kaum muslimin yang mengidolakan banyak tokoh fiktif, baik itu berbagai macam superhero atau princess, namun kurang mengenal akan Rasulnya.

Meniru banyak perilaku idola fiktifnya, tapi justru luput dari banyaknya adab harian yang telah diajarkan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam.

Padahal, seharusnya beliau lah manusia pertama yang harus di idolakan dan di contoh perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Beliau lah manusia yang harus paling dicintai oleh seorang muslim, melebihi kecintaan seorang kepada orang tua, anak, atau manusia manapun seluruhnya..

Kecintaan kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam ini pun akan membuahkan banyak faidah, diantaranya :
1. memperoleh kesempurnaan iman
“Tidaklah (sempurna) iman salah seorang di antara kalian sehingga aku lebih dicintainya daripada orangtuanya, anaknya dan segenap umat manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. sebab mendapatkan manisnya iman
“Tiga perkara yang membuat seseorang akan mendapatkan manisnya iman yaitu : Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari selain keduanya, dia mencintai saudaranya, tidaklah dia mencintainya kecuali karena Allah, dan dia benci kembali pada kekufuran sebagaimana dia benci dilemparkan dalam api.”

3. menjadikan seseorang bersama beliau di akhirat
Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: Tidaklah kami sangat bergembira setelah nikmat Islam kecuali setelah mendengar sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Engkau akan bersama orang yang engkau cintai.”. Anas radhiyallahu ‘anhu berkata:”Maka sungguh aku mencintai Allah, Rasul-Nya, Abu Bakar, dan Umar –radhiyallahu ‘anhuma-. Dan saya berharap bisa bersama mereka, walaupun amalanku tidaklah seperti mereka.”
___

Maka, di antara upaya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan anak kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam adalah :

1. mengajarkan kepada anak kalimat syahadat “Muhammad Rasulullah” sedini mungkin, beserta makna nya agar anak bisa sedikit mengerti. Bahwa beliau adalah Rasul (harus dijadikan panutan) dan hamba Allah (tidak boleh berlebihan dalam mengagungkan beliau, misal berdoa kepada beliau).

2. memberitahu anak bahwa Rasulullah adalah orang paling berjasa yang mengeluarkan kita dari kegelapan kepada cahaya, yang menyampaikan agama dan kebaikan kepada kita, yang memperingatkan kita dari kemungkaran.

3. menceritakan kepada anak mengenai keagungan akhlak Rasulullah, sifat dan sikapnya yang sempurna (misal, sifat beliau yang dermawan, lemah lembut, penyayang, dll).

4. mempraktekkan adab keseharian sesuai tuntunan beliau.
Contoh: sejak dini (walaupun anak belum bisa bicara dengan jelas), orang tua terbiasa membacakan dzikir/doa. Saat anak akan makan, orang tua mengajak anak untuk mengucapkan bismillah dan makan menggunakan tangan kanan. Saat akan masuk kamar mandi, orang tua mengajak anak untuk membaca doa dulu dan mendahulukan masuk dengan kaki kiri. Dll

5. mengajarkan perjalanan kehidupan (siroh) beliau.
Bisa di mulai dengan membacakan buku siroh nabi untuk anak-anak (buku dengan banyak ilustrasi dan sedikit tulisan) agar anak tertarik.

6. membiasakan anak membaca, menghafal dan mengamalkan hadits Rasulullah (dimulai dari hadits pendek), disertai pengajaran dan penjelasan singkat sesuai yang mereka butuhkan.

7. memberitahu banyaknya faidah yang di dapat ketika anak mendahulukan kecintaan kepada Rasulullah

___

Wallahu A’lam

____

Referensi:
http://tunasilmu.com/ajarkan-hadits-pada-anak/

Inilah Alasan Mencintai Nabi

Category: Tips Parenting
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 1 =