Ensiklopedi bocah muslim, review bunda

Gak pernah bosen dengan buku yang satu ini.. Karena, keunikannya belum pernah nemu di buku lainnya.. Very recommended for moslem children. Padahal dulu paling gak kepengen beli buku yg ini. Bunda pikir begini : ah, ensiklopedi kan banyak di mana2… Di rumah juga sudah ada macam2 ensiklopedi. Gak usahlah beli “Ensiklopedi Bocah Muslim”… Mending beli lainnya. Sampai suatu saat, bunda buka2 lagi buku contoh EBM modal jualan. Terus dicoba ajak mas rafi baca bareng. Eeeh subhanallah tyt mas rafi suka dan tertarik. Setelah bunda ulik2 dan cermati, ternyata emang unik banget ya EBM itu.. Pertama, satu set buku ini seperti serangkaian cerita… Mulai makrokosmos sampai mikrokosmos. Dari belajar ttg alam semesta – bumi – indonesia, agama, sejarah, hewan, tumbuhan, dst sampai kepada diri kita (tubuhku). Jadi seperti ada alurnya… Setiap bentang halaman, ada 1 topik yg diangkat. Misalnya ttg “Komputer hebat dalam kepala manusia” (jilid 2. Tubuhku) Setiap membahas 1 tema, selalu ada ilmu islam yang berhubungan dg tema tsb. Misalnya saat membahas tentang Masjidil Haram, ada hadis riwayat Bukhari : “Satu kali shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih baik drpd 1000x shalat di tempat lain kecuali Masjidil Haram” (jilid 6. Sejarah) Ada juga prakarya sederhana yg berhubungan dengan tema, misalnya saat pembahasan tentang landak, adik2 diajak membuat landak dari plastisin yang dibentuk, dengan tusuk gigi sebagai duri2 tubuhnya. Seru ya ?! (Jilid 8. Dunia binatang dan Mamalia) Atau misalnya percobaan sederhana dengan bunga yang ditutupi kantong plastik bening dan diletakkan di halaman agar terkena matahari, nanti akan terlihat kantong plastiknya seperti berembun. Bukti bahwa tumbuhan juga bernapas (jilid 5. Tumbuhan) Ada pula cerita pendek, atau cerita rakyat versi singkat. Contohnya saat membahas ttg kehidupan rayap, diceritakan tentang tongkat Nabi Sulaiman yang dimakan rayap setelah beliau meninggal dunia. (Jilid 9. Burung dan Serangga)
Untuk tambahan, ada juga kolom “untuk ayah dan bunda”, jadi nanti bunda dan ayah bisa menceritakannya kepada anak, dengan bahasa yang mereka mangerti.
Gambar2nya bagus-bagus, ada gambar menyerupai bentuk aslinya, ada gambar kartun, dan vignet, disesuaikan dg kebutuhan. Ada juga beberapa foto sehingga mewakili benda aslinya.
Ada pula tambahan kosa kata dalam 3 bahasa: indonesia, inggris, dan arab.
Biasanya, kalau dibacakan EBM, mas rafi rebutan dg ade aisha.. Karena ade aisha juga suka sekali “membaca” buku.. Hehe…
Berminat, bunda? Tanya2 bunda raisha ya, sms/wa di 08179518643 ^_^
Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 11 =