Kesehatan

14212825_1423002321050055_9220883889228348587_n

Tiga minggu terakhir ini stase di HCU-ICU. Masya Allah.. Ternyata sebegitu besar pengaruh nutrisi terhadap kondisi seseorang…

Ada seorang pasien, wanita, karena satu dan lain hal dirawat di ICU. Pasien ini sudah sekitar 35 hari di ICU. Waktu saya pertama masuk ICU, saya kira pasien ini obesitas, karena badannya buessaarrr.. Waktu masuk ICU memang cuma dampingin visite aja sih, tapi aslinya saya stand by di HCU. Pas saya beneran stase ICU seminggu kemudian, baru saya kaget, loh kok bahunya kurus banget.. Ternyata pasien ini bukan obesitas, tapi justru mengalami bengkak seluruh tubuh yang lumayan hebat. Bener2 seperti balon yg dipompa !

Walaupun terlihat besar, pasien ini sebenarnya mengalami malnutrisi berat. Namun, bukan berarti dengan diberi makanan sebanyak2nya lantas masalah selesai. Pasien seperti ini sudah mengalami kekurangan nutrisi dalam jangka lama sehingga organ2 pencernaannya pun tidak bisa berfungsi baik. Jika diberikan susu, susunya akan keluar lagi melalui selang. Kondisinya lemah sekali, kalau diajak bicara pun hanya bibirnya yang bergerak, tapi suaranya tidak keluar. Kasihan sekali…

Untungnya, di sini setiap pasien ditangani oleh tim, di antaranya dokter spesialis gizi klinik. Karena tidak bisa sembarangan memberikan nutrisi, maka khusus untuk pasien ini dipayakanlah suatu cara khusus, supaya nutrisi yang diberikan bisa masuk, dan tidak dikeluarkan lagi. Sampai2 perawat pun mendapatkan instruksi khusus untuk pemberian diet pada pasien ini.

Alhamdulillah, dari yang awalnya pasien mengalami bengkak hebat di tangan, kaki, perut, dan wajah, kemudian berangsur2 mengecil.. Sekarang hanya tinggal ujung2 tangan dan kaki serta sedikit di perut saja cairannya.

Sebagai dokter yang sedikit banyak ikut terlibat merawat pasien ini, tentu saya ikut senang melihat kemajuan pasien. Semoga pasien ini kondisinya terus membaik, bisa pindah ke ruangan biasa, dan kembali sehat seperti sedia kala. Aamiin…

“Aku mendengar Rasulallah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda : “Tidaklah seorang muslim tertimpa musibah walau hanya tertusuk duri, kecuali Allah akan mencatat baginya kebaikan dan dihapus baginya kesalahan dan dosanya.” (HR.Muslim)

DA

Category: Kesehatan
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − 1 =